Senin, 01 Februari 2016

pengertian linen inventory

Linen Hotel 

Linen merupakan barang - barang laundry supplies yang sangat wajib keberadaanya di sebuah hotel, yang termasuk barang linen sangat banyak jenisnya diantaranya yang kita ketahui adalah :
  • Towel ( Hand towel, Bath towel, Bath math, Pool towel  )
  • Linen Sheet ( Single sheet dan Double sheet )
  • Pillowcases
  • Duvet, Duvet Covers, Tablecloth, 
  • dsb
Pengelolaan barang linen sangat membutuhkan ketelitian karena tidak jarang barang - barang linen ini sering hilang atau rusak sehingga apabila tidak dikelola dengan baik maka akan terjadi penyusustan padahal barang linen ini merupakan hal yang sangat penting sebagai produk Guest supplies yang disajikan sebagai service hotel kepada para tamu hotel,
Untuk menjaga barang ini terkontrol kondisi dan jumlahnya maka perlu di lakukan Linen Inventory setiap bulan, adapun cara penghitungannya hampir sama dengan penghitungan inventory barang - barang hotel lainnya, yang membedakan hanya perlu pencatatan atau alasan kenapa barang - barang linen ini berkurang dan perlu pengadaan kembali supaya ready stock pada saat di perlukan.

Format Linen Inventory

Format linen inventory biasanya dengan cara menghitung stock awal ( Beginning stock ) ditambah dengan jumlah pembelian barang dan dikurangi dengan barang linen yang hilang atau rusak serta kemungkina  dibawa oleh tamu hotel  maka hasilnya adalah persediaan akhir   ( Ending Inventory ) 
Contoh  Format Linen Inventory ( Linen Inventory Sheet )

Yang harus diperhatikan oleh kita semua adalah Jumlah linen yang tersedia harus cukup atau mampu untuk memenuhi kebutuhan jumlah kamar yang  tersedia, hal inilah yang sangat perlu diperhatikan oleh petugas atau bagian terkait  ( Laundry departement atau Housekeeping departement ) karena di beberapa Hotel produk Linen   termasuk ke dalam bagian Housekeeping Inventory.
  
Apakah Anda pernah merasakan pada saat tingkat hunian kamar atau occupancy hotel meningkat tetapi jumlah barang linen seperti towel tidak mencukupi kebutuhan konsumen, tentu ini akan menimbulkan masalah dan secara tidak langsung akan berdampak kepada service hotel kepada para konsumen, untuk itu solusinya  adalah jumlah barang linen harus selalu di inventory dan di identifikasi apabila terjadi kehilangan dan kerusakan barang. 

Jadi cara pengelolaannya adalah jika jumlah kamar hotel sekitar 100 kamar maka jumlah barang linen khususnya Towel yang harus dimilki oleh hotel tersebut harus berjumlah 300 pcs,  yakni 100 pcs berada di kamar, 100 pcs di prepare di linen room sebagai stock dan 100 pcs lagi sedang di laundry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar